Selasa, 28 April 2015

4 Jenis Bisnis dalam Buku Buka Langsung Laris


Dalam buku Buka Langsung Laris, Mas J (sapaan akrab dari Jaya Setiabudi) menjelaskan 4 type bisnis yang sering dikenal untuk membuat strategi bisnis, pada tulisan ini kita akan mencoba membahas ke 4 jenis bisnis tersebut.

1. Jenis Bisnis Sapi Perah

Sapi perah yang dimaksud disini ialah bisnis yang dengan cepat bisa menghasilkan, biasanya bisnis seperti ini tidak memerlukan perencanaan yang sangat matang karena mudah untuk dijalankan.


Contoh bisnis jenis sapi perah :

  • Buka lapak di pasar.
  • Buka warung.
  • Menjadi Reseller
  • Menjadi Dropshipper
  • Membuka Franchise auto pilot
  • dll
Bisnis sapi perah tidak memerlukan banyak trial error, dan biasanya cepat menghasilkan profit, bisnis seperti ini dibutuhkan sebagai pemasukan rutin Anda, untuk biaya hidup dan sebagainya juga untuk membiayai bisnis Anda yag lain.


2. Jenis Bisnis Anjing

Bisnis Sapi Perah lama kelamaan bisa menjadi jenis bisnis anjing jika tidak melakukan inovasi atau bisa jadi karena tergerus kemajuan zaman dan teknologi, jika sudah begini sebaiknya bisnis segera dijual atau ditutup karena hanya akan menjadi beban bagi Anda.

Contoh Bisnis Jenis Anjing yaitu wartel yang dulunya adalah Bisnis Sapi Perah yang bisa menjadi pemasukan rutin bagi pemiliknya, tapi karena kemajuan teknologi dengan munculnya berbagai type handphone bahkan dengan harga yang relatif murah menyebabkan bisnis ini berubah menjadi bisnis jenis anjing yang hanya akan menjadi beban jika terus dilanjutkan.

Bayangkan saja jika Anda saat ini masih membuka bisnis wartel, mungkinkah akan menghasilkan profit? yang ada hanya akan memberikan kerugian untuk Anda karena Anda harus membayar sewa tempat, listrik dan sebagainya sementara pemasukan tidak ada sama sekali


3. Jenis Bisnis Bintang

Jenis bisnis Bintang merupakan bisnis yang masih memerlukan pembiayaan sebelum Anda memanennya, bisnis yang masih harus Anda bangun sebelum Anda menerima hasil darinya.

Baiknya saat bisnis sapi perah Anda sudah mulai menghasilkan, mulailah membangun bisnis bintang Anda. Bisnis sapi perah bisa memberikan subsidi untuk bisnis bintang, yang nantinya bisnis bintang ini pun akan menjadi bisnis sapi perah berikutnya untuk Anda.

Contoh bisnis ini adalah kebun sawit yang selama 4 tahun pertama memerlukan biaya untuk perawatan. Setelah siap panen, akan terus memberikan Anda penghasilan hingga 25 tahun kedepan.


4. Jenis Bisnis Tanda Tanya

Bisnis jenis ini adalah Anda menciptakan suatu bisnis baru yang belum pernah ada sebelumnya, dengan kemungkinan keberhasilan yang masih dipertanyakan, namun jika berhasil bisnis ini mampu memberikan Anda penghasilan yang tidak habis dimakan tujuh turunan.

Biasanya untuk membangun bisnis jenis ini dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk trial error, riset dan sebagainya, sekali lagi bisnis sapi perah lah yang bisa Anda andalkan untuk membiayai bisnis ini.

Contoh bisnis ini adalah facebook, Mark sebagai pendiri FB tidak langsung menerima hasil saat pertama dia membangun FB, tapi sebaliknya Mark justru mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membangunnya.

Namun sekarang apa yang terjadi, facebook menjelma menjadi raksasa social media, dan kini terus memberikan penghasilan yang fantastis kepada Mark.


Jadi jenis bisnis apa yang sedang Anda jalankan sekarang.